Selasa, 25 Maret 2008

Mari Menilai Calon Gubernur Pro-Lingkungan Hidup dan Rakyat!

Oleh:

Agung Wardana

Bali merupakan pulau kecil yang saat ini tengah berada dalam ancaman perubahan iklim yang sebagian besar rakyatnya merupakan kelompok rentan terkena dampak, seperti petani, nelayan, maupun perajin. Selain itu masih banyak proyek-proyek bermasalah yang belum juga tuntas penyelesaiannya, misalnya: Geothermal Begudul, Loloan Yeh Poh, Lapangan Golf Selasih, Serangan, dan lain-lain yang menjadi bukti bahwa tidak adanya keberpihakan pemerintah saat ini terhadap lingkungan hidup dan rakyat.

Masif-nya eskploitasi lingkungan hidup dan sumber daya alam oleh industri pariwisata, menyebabkan semakin mendesak daya dukung Bali dan memarjinalkan akses masyarakat lokal terhadap sumber daya alamnya.

Bali saat ini mendapatkan pendapatan asli daerah-nya dari bea balik nama kendaraan bermotor. Hal ini merupakan hal yang tidak berkelanjutan di masa mendatang. Karena semakin banyak kendaraan yang masuk Bali tanpa ada kontrol dan melebihi daya dukung jalan di Bali maka akan menyebabkan kemacetan, pengamburan BBM, pencemaran dan semakin banyak alih fungsi lahan untuk dijadikan jalan-jalan alternatif ataupun bay-pass.

Jika pola-pola seperti saat ini tetap dilanjutkan, maka tidak mustahil Bali akan masuk pada bencana ekologis dan bencana sosial. Bencana ekologi terjadi akibat akumulasi kerusakan dan kerentanan lingkungan yang terus mendapat terdesak dari aktivitas manusia. Bencana sosial adalah konflik yang terjadi karena terbatasnya daya dukung dan sumber daya alam Bali namun diperebutkan oleh semakin banyak pihak dan terutama pariwisata.

Saat ini yang dibutuhkan oleh Bali bukanlah mengkebut pertumbuhan industri pariwisata yang berwatak eksploitatif, tapi bagaimana Bali melakukan jeda sehingga dapat bertahan ditengah ancaman-ancaman bencana tersebut.

Untuk bertahan ini, maka Bali perlu melakukan adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim bagi Bali; melakukan konservasi lahan produktif untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan penduduk Bali dengan praktek pertanian yang berkelanjutan; melakukan pengelolaan sumber daya air secara adil dan berkelanjutan dengan pendekatan penyelesaian konflik perebutan sumber daya air; melakukan rekayasa budaya konsumsi energi dan sumber daya alam yang lebih berkelanjutan, terutama untuk masyarakat perkotaan dengan fasilitas transportasi publik, pedestrian, taman kota, ataupun jalur sepeda; memberikan dana yang proporsional bagi instansi-instansi yang berhubungan dengan penyelamatan lingkungan hidup dan membangun kelembagaan yang bermartabat dan super-body.

Hal-hal tersebut diatas tentu harus diharus dilakukan lewat kebijakan pemimpin politik Bali kedepan yang akan dipilih oleh rakyat Bali secara langsung. Maka rakyat Bali perlu memilih calon gubernur yang berpihak pada lingkungan hidup dan rakyat dengan langkah sebagai berikut:
  1. Wacanakan bahwa kita membutuhkan gubernur peduli lingkungan hidup dan rakyat hingga isu lingkungan hidup tidak menjadi isu yang minor lagi dalam politik;
  2. Melakukan penilaian atas rekam jejak Calon Gubernur atau Calon Wakil Gubernur untuk melihat apakah Cagub atau Cawagub tersebut pernah terlibat dalam proyek-proyek bermasalah dan bagaimana posisi-nya terhadap proyek-proyek bermasalah tersebut;
  3. Melakukan penelusuran darimana dana-dana kampanye diperoleh, untuk melihat ada tidaknya konflik kepentingan antara gubernur yang nantinya terpilih dengan kepentingan pihak pemberi dana. Karena mungkin saja Cagub memperoleh dana dari perusahaan A yang mengekspoitasi sumber daya alam Bali sehingga berdampak pada kerusakan lingkungan hidup dan tatanan sosial-budaya;
  4. Mempelajari visi-misi Cagub dan Cawagub untuk melihat apakah memiliki visi dan misi yang berpihak pada lingkungan hidup dan rakyat. Sehingga memudahkan pemantauan ataupun melakukan gugatan jika Cagub dan Cawagub tersebut terpilih nantinya dan tidak melaksanakan visi-misi tersebut;
  5. Bentuk kelompok-kelompok independen pemantauan di daerah anda untuk melakukan pemantauan pada proses pilgub maupun terhadap kinerja gubernur yang terpilih dan melakukan tekanan jika visi dan misi tersebut tidak dilaksanakan.
    Meyakinkan diri bahwa akses terhadap informasi, akses untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan akses terhadap keadilan adalah hak rakyat yang dilindungi oleh peraturan perundang-undangan.

Mari bertindak mulai dari sekarang, karena masa depan ada ditangan kita. Jika tidak bergerak maka kerugian akibat bencana-bencana yang terjadi jauh akan lebih besar dan kita semua dapat saja menjadi korbannya. Selain itu kita tidak memiliki hak untuk mewariskan Bali yang rusak dan tidak layak ditempati oleh anak cucu kita di masa mendatang.

Penulis,
Aktivis WALHI Bali (Friends of the Earth Indonesia)
Tinggal di Tabanan


10 komentar:

winardi mengatakan...

saya lebih suka menyoroti masalah pertanian bli, soalnya saya anak petani. petani di bali makin tidak didukung pemerintah gen bli. LC untuk lahan produktif, alih lahan pertanian jadi jalan raya, villa, hunian, ruko dll. kalo kayak gini terus, bisa ilang dah petani dari bali bli ...

Anonim mengatakan...

Bli Win, dalam kacamata saya 'pertanian' itu adalah corak produksi yang sangat tergantung pada lingkungan hidup dan sumber daya alam. jadi pertanian adalah termasuk didalam apa yang sedang saya bicarakan.

Terus terang, selama ini pikiran kita dikontruksikan untuk berpikir sektoral (sektor hutan, air, pertanian, pesisir dan kelautan) yang kemudian membuat kita semakin lupa bahwa semuanya terintegrasi...

Yang yang kita sebut pendekatan Bio-regionalisme sebagai antitesis dari pendekatan sektoral yang digunakan oleh pemerintah dalam melihat isu lingkungan hidup dan SDA.

Makasi

~Bumi~

beh-gubernur mengatakan...

walhi is thebes pokona....
kapan ada aksi sosial

proletarman mengatakan...

wah seneng liat blog aktivis walhi disini..
sekarangpun mental dan lingkungan Bali sudah rusak. Pariwisatanya salah kaprah sih...Pariwisata bali saat ini tidak punya dasar yang kuat.. Kalau terus dibiarkan, akan ambruk dengan sendirinya..
Seharusnya Pariwisata bali berlandaskan Pertanian. Dari sanalah semua budaya bali berkembang. Tapi amat disayangkan kalau pertanian malah dikesampingkan saat ini.. Jadilah kacau seperti sekarang..
kok walhi saya amati cuman pintar protes tanpa solusi yah...
suksma

Ramayadi mengatakan...

dari tiga pasangan ini, saya melihat winasa yang paling parah!

hutan kelapa didaerah kecamatan pekutatan dibabat habis untuk proyek yang katanya mo bikin landasan lapangan terbang

dongdong mengatakan...

20161.14wengdongdong
coach factory outlet
jordans shoes
cheap ugg boots
adidas trainers
ray bans
gucci outlet
pandora jewelry
adidas gazelle
coach outlet
new balance outlet
coach factory outlet
michael kors
air max 95
nike outlet
michael kors outlet
kate spade uk
louis vuitton outlet
chaussure louboutin
louis vuitton handbags
nike trainers
coach outlet
christian louboutin shoes
nike free runs
nike outlet store
cheap ugg boots
michael kors uk
ugg boots
coach factorty outlet
tiffany and co
coach factory outlet
michael kors outlet
jordan shoes
basketball shoes
kate spade
air max
coach factory outlet
nike cortez
ed hardy outlet
jordan pas cher
ralph lauren pas cher

艾丰 mengatakan...

jianin0812
longchamp handbags
michael kors uk outlet
ugg uk outlet
tiffany jewelry
michael kors handbags
ralph lauren outlet
hollister shirts
mulberry handbags
true religion jeans
cheap mlb jerseys
air jordan shoes for sale
longchamp pas cher
mulberry outlet,mulberry handbags outlet
canada goose uk
adidas nmd
coach factory outlet
foamposite shoes
coach outlet
michael kors outlet
louis vuitton bags
iphone case
hermes belt
gucci outlet online
ralph lauren uk
mulberry bags
swarovski crystal
christian louboutin uk
coach outlet clearance
dior outlet
louis vuitton outlet online
cheap jordans
michael kors outlet
jordan 4

Fangyaya mengatakan...

coach outlet online
louis vuitton bags
adidas nmd
ugg boots sale
gucci bags
coach factory outlet
tods sale
tods outlet store
michael kors outlet online
michael kors outlet
ugg boots
canada goose outlet
basketball shoes
tory burch sandals
louis vuitton outlet
kate spade outlet
louis vuitton outlet stores
moncler coats
coach factory outlet online
fitflop sandals
jordan retro 4
kobe 11 shoes
true religion jeans cheap
mont blanc pen
louis vuitton outlet stores
adidas outlet store
adidas superstar
cheap ray ban sunglasses
the north face jackets
pittsburgh steelers jerseys
louis vuitton
louis vuitton handbags
michael kors bags
canada goose sale
jordan 3 retro
burberry outlet
oakley sunglasses
ray bans
christian louboutin sneakers
coach outlet
20168.13chenjinyan

Unknown mengatakan...

rolex replica watches
chaussure louboutin
vikings jerseys
michael kors handbags
michael kors outlet
golden state warriors jerseys
michael kors handbags
cleveland cavaliers jersey
michael kors handbags wholesale
dolphins jerseys

chenmeinv0 mengatakan...

cheap ray ban sunglasses
cheap jordan shoes
coach outlet
true religion
nike huarache shoes
parker pens
michael kors outlet
gucci outlet online
ray ban sunglasses uk
nike outlet online
2017.3.17xukaimin