Jumat, 25 Februari 2011

Sesat Pikir Tanah dan Pertanian Bali

(Tanggapan atas sikap Apindo Bali)


Oleh


Agung Wardana



Kondisi dilema memang tengah dihadapi masyarakat Bali. Antara mempertahankan kondisi pertanian Bali (bahkan meningkatkannya), dengan mendukung perluasan industri pariwisata yang semakin lama semakin rakus. Dalam kondisi dilema ini, Panundiana Khun, Ketua APINDO Bali, sebagaimana diberitakan oleh sebuah media online (BB, 15/02/11), menyatakan bahwa pertanian tidak cocok di Bali dan mengusulkan agar pemerintah melaksanakan program transmigrasi bagi para petani Bali.


Sikap Bapak Panundiana Khun ini, entah atas nama pribadi ataupun mewakili organisasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Bali, nampaknya mendapat respon beragam di dunia maya. Namun demikian, pertama, masyarakat Bali perlu angkat topi atas kelugasan beliau untuk memberikan gagasan dan solusi atas dilema. Kedua, bahwa dengan pernyataan tegas kepada publik tersebut, saat ini menjadi semakin jelas siapa dan kelompok mana yang berpotensi menghambat perbaikan sektor pertanian di Bali.


Ketiga, sebagai kelompok kapitalis yang berkepentingan untuk mendapatkan lahan dalam rangka melakukan ekspansi modal dan akumulasi keuntungan, sikap beliau tersebut adalah sebuah kewajaran. Namun cara pandang yang lain semestinya juga tidak begitu saja boleh dinegasikan melainkan cara pandang lain juga harus mendapat porsi yang sama untuk dipahami publik.


Dengan demikian tulisan ini bermaksud untuk mengurai cara pandang lain dan sekaligus juga merespon kesesatan berpikir yang disampaikan oleh beliau. Adapun premis-premis yang bisa ditarik dari argumentasi tersebut adalah:


1. Tanah Sebagai Sumber Daya Alam Semata

Lewat pernyataannya, sepertinya Apindo Bali hanya melihat tanah (lahan) sebagai sumber daya alam semata (kapital). Sehingga asumsi mereka tanah sepenuhnya tunduk pada hukum-hukum ekonomi pasar dengan prinsip utama: siapa yang memiliki uang untuk membeli maka ia memiliki hak mutlak atas lahan tersebut.


Pandangan ini jelas ahistoris dan bias ekonomistik. Pertama, pandangan ini ahistoris karena melupakan sejarah bahwa begitu banyak pengorbanan dilakukan untuk mempertahankan sejengkal tanah yang coba dirampas oleh pihak lain, misalnya kolonial, negara maupun investor. Mari kita belajar bersama dari kasus-kasus seperti perjuangan melawan kolonial, melawan proyek BNR, proyek Selasih atau Pecatu, hingga kasus pembantaain massal 1965-1966 dimana tanah menjadi salah satu pemicu konflik yang terpenting.


Kedua, pandangan ini sangat bias ekonomistik karena menurut Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) 1960 tanah memiliki fungsi yang tidak semata-mata sebagai kapital tapi juga berfungsi sosial dan bernilai religius-magis. Artinya, tanah menjadi ruang hidup dan landasan untuk membangun relasi sosial-ekologi manusia dan alam yang diatasnya. Selain itu, hubungan manusia dengan tanah juga terkadang merupakan relasi spiritual seperti misalnya cara pandang tradisional yang melihat tanah sebagai ‘Ibu Pertiwi” yang melindungi, memelihara, dan menghidupi para sentana-nya.


2. Pertanian Hanya Merupakan Corak Produksi

Di mata kaum industrialis, pertanian dilihat hanya sebagai sebuah corak produksi untuk menghasilkan pangan yang diperdagangkan (kegiatan ekonomi). Dalam hal ini Bapak Panundiana Khun menegasikan fakta bahwa bahwa banyak petani yang memproduksi pangan untuk makanan mereka sendiri (subsisten).


Hal yang terpenting lagi, bertani bukanlah semata kegiatan ekonomi bagi para petani Bali tetapi sebuah praktek spiritual yang sarat makna dan ritual. Selain itu, kegiatan pertanian tradisional juga merupakan praktek untuk menyeimbangkan ekologi. Misalnya, irigasi tradisional dengan menggunakan parit-parit lahan basah, merupakan kearifan traditional yang mampu mengurangi resiko banjir akibat run-off air hujan.


Keanekaragaman hayati juga dipertahankan dalam praktek pertanian tradisional ini. Sehingga dapat mendukung produksi dan diversifikasi pangan, serta menyediakan layanan yang lain seperti obat-obatan. Jelas sekali bahwa, pertanian bukan saja kegiatan ekonomi semata, tetapi pertanian juga merupakan corak kehidupan rakyat kecil dan merupakan kerja pelayanan bagi keseimbangan alam dan kehidupan yang sudah sepatutnya mendapatkan penghormatan dari semua orang yang perlu makan.


3. Menjawab Akar Permasalahan Hancurnya Sendi Pertanian Bali

Nampaknya sikap yang disampaikan Apindo Bali bahwa lahan di Bali sudah tidak mampu lagi untuk dikembangkan untuk pertanian sehingga petani Bali harus transmigrasi merupakan tawaran solusi yang prematur. Bagi para industrialis akar permasalahan pertanian menjadi tidak relevan untuk dibicarakan karena mereka membutuhkan solusi pragmatis dalam mengejar keuntungan secepat mungkin.


Mereka ini ingin menutup mata terhadap akar permasalahan hancurnya sendi pertanian Bali. Bagi orang yang mendapatkan informasi utuh atas kondisi Bali, akan dengan mudah menunjuk bahwa kerakusan industri pariwisata adalah salah satu akar masalah ini. Memang juga harus diakui bahwa lemahnya keberpihakan politik terhadap pertanian juga menjadi hal yang penting. Namun sikap meng-anak-emas-kan industri pariwisata dan menelantarkan pertanian diambil para politisi merefleksikan pandangan politisi melihat industri pariwisata yang dapat menjadi pundi-pundi dana untuk berkuasa.


4. Simplifikasi Persoalan Transmigrasi

Bapak Panundiana Khun menawarkan solusi untuk pemberlakukan program transmigrasi bagi para petani, misalnya ke Kalimantan. Sepertinya, logika model Orde Baru masih kental dalam solusi ini, yang melihat bahwa dengan program transmigrasi permasalahan lahan ini bisa terselesaikan. Jika beliau memahami kompleksitas permasalahan transmigrasi di negeri ini, mungkin beliau akan lebih hati-hati dalam menawarkan solusi ini.


Transmigrasi tidak menyelesaikan permasalahan lahan dan malah memperparah kusutnya permasalahan transmigrasi. Pertama, transmigrasi berarti memindahkan satu permasalahan di Bali ke tempat transmigrasi. Hal ini karena sering kali lahan yang disediakan untuk bertani di kawasan transmigrasi adalah hutan atau gambut, yang memiliki fungsi ekologis bagi kawasan setempat. Selanjutnya, sering kali terjadi tensi ataupun konflik antara transmigran dengan penduduk lokal akibat kecemburuan sosial.


Kedua, dengan transmigrasi, berarti masyarakat Bali sedang ‘membuang’ warga-nya yang miskin dan tidak mampu bertahan ditengah kompetisi yang semakin menggila di Bali. Ironisnya, disisi yang lain, masyarakat Bali (terutama para pengusaha dan penguasa) justru mengundang jutaan turis, orang kaya, maupun ekspatriat, untuk menetap di Bali. Pertanyaannya, apakah hal ini sebuah tindakan yang etis dan bermoral? Bukankan seharusnya kita yang membela warga Bali yang sedang dimarjinalkan oleh ketidakadilan pariwisata ini?


Dengan uraian diatas, bahwa jelas premis-premis yang diungkapkan oleh Bapak Panundiana Khun, atas nama pribadi atau organisasi, sangat lemah dan tidak etis untuk diikuti. Karena premis tersebut justru akan mempercepat kehancuran Bali secara sosial, ekonomi dan ekologi.


Tentu kita tidak ingin kehancuran tersebut terjadi dan kita juga tidak ingin melihat Bali semata-mata dijadikan taman bermain kelompok berduit dan koloni-koloni para turis. Sedangkan kita yang miskin semakin terpinggirkan dan ingin dibuang dari pertiwi sendiri, dengan agenda agar kemiskinan tidak merusak pemandangan para turis yang sedang bermain-main di pulau yang disebut surga ini.


Penulis, Aktivis Lingkungan

Sedang Belajar di Inggris

22 komentar:

Nyoman Ribeka mengatakan...

Bli Gung, saya share nggih :)

sakti soediro mengatakan...

Saya juga asked permission to share Bli Gung.. :)

Agung Wardana mengatakan...

@Nyoman Ribeka & Sakti: silahkan! dengan senang hati...

Thomas Didimus mengatakan...

Usulan yang dikemukakan Panundiana Khun ( Agung memanggilnya dengan sagat hormat "Bapak") membuat saya mengalami sebuah perasaan yang sangat aneh. Sebabnya, dalam usulan itu terlihat sangat kentara betapa orang menganggap rendah keberadaan manusia lain dengan segala atribut yang melekat pada diri mereka sehingga mereka disebut manusia. Supaya bisa memahami orang lain dan kondisi mereka, kita harus masuk dan berpikir dengan cara orang yang mau kita pahami, dan di situlah sebenarnya tingkat kekritisan berpikir kita teruji, karena harus menyelami alam pemikiran orang lain sambil tida kehilangan keunikan individu sendiri. Jika tida terjadi demikian, kita kehilangan daya kritis. Kapitalisme tida hanya membuat orang serakah, tetapi lebih memalukan adalah bahwa dia menumpulkan daya kritis manusia yang bangga kalau dikatakan berbeda dari makhluk lain karena memiliki kesadaran....

Panudiana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Jonathan mengatakan...

Saya juga heran dengan statment yang diberikan...tetapi saya melihat kenjanggalan dalam statment tersebut!!!

Selama ini Pak Panudiana Kuhn tidak pernah melakukan hal seperti ini, di setiap beritanya pada media dia selalu pro rakyat bali, apakah ini merupakan salah interpretasi dari wartawan???

dan setelah saya baca berita terbarunya, ternyata ini hanyalah salah intrepertasi.
industri pertanian adalah pertanian yang berskala besar yaitu memerlukan tanah yg sangat luas, contoh karet, sawit, dll dan itu memang tidak cocok di bali dikarenakan kesulitan lahan luas dan juga harga tanah udah mahal.
jadi petani2 yg sekarang di bali ini sudah berlangsung cukup bagus menurut saya.

coba deh kalian baca linknya :
http://beritabali.com/index.php?reg=&kat=&s=news&id=201102250007

mayeeaulia mengatakan...

udah dibaca pak.. ijin share ya..

Agung Wardana mengatakan...

@Kak Didi: Saya memanggilnya 'bapak' karena untuk menunjukkan rasa hormat saya kepada beliau..sejelek apapun pernyataannya, beliau tetap manusia yang harus dihormati sikap dan pilihannya..

@Jonathan: saya sudah baca berita klarifikasi yang anda maksud. Tapi menurut saya tidak ada permintaan maaf sama sekali begitu pula tidak ada bantahan yang beliau sampaikan..Jadi saya masih menganggap beliau tetap sesat pikir..

@Mayeeaulia: silahkan saja...dengan senang hati..

Jonathan mengatakan...

bos coba di baca yang di balidiscovery, ini linknya
http://balidiscovery.com/messages/message.asp?Id=6772
udah ada bantahan keknya disana..coba di cek ya bos...

Agung Wardana mengatakan...

Dear Jonathan,
Terima kasih atas sarannya. Saya sudah membaca itu sebelum saya menulis artikel berikutnya. Silahkan ada baca sendiri.

Oh ya, satu hal yang dilupakan oleh Panudiana Khun ketika menyatakan mahalnya harga tanah di Bali..Dia lupa bahwa kenaikan harga tanah terjadi karena beberapa faktor, yakni kenaikan PBB yang dipicu oleh perubahan peruntukan lahan demi perluasan kawasan industri -pariwisata, ditambah lagi karena bisnis spekulasi tanah yang mengkapling lahan untuk keperluan bisnis property (dampak tidak langsung dari pariwisata).

Jadi Panudiana Khun seharusnya mencari akar masalah mengapa tanah semakin mahal di Bali hingga tidak terjangkau oleh orang Bali sendiri..

Jika semua yang dinyatakan oleh Berita Bali tidak benar, maka apa yang sebenanrnya dikatakan oleh Panudiana Khun?

Mu Lin mengatakan...

michael kors handbags outlet
louis vuitton artsy
coach handbags
michael kors hamilton tote
louis vuitton neverfull
coach sunglasses
mcm tote
louis vuitton neverfull mm
discount michael kors
longchamp outlet
longchamp le pliage large tote
michael kors outlet store
michael kors black purse
hermes purses
louis vuitton handbags on sale
chanel outlet
chanel flap bag
chanel tote
louis vuitton tote bag
coach purses on sale
mcm clutch
prada belts
burberry wallet
louis vuitton belts
gucci handbags
burberry for men
prada crossbody bags
louis vuitotn speedy
burberry outlet online
prada outlet online
prada messenger bag
mcm backpack
prada purses
gucci handbags outlet
coach messenger bag

Wenhao Guo mengatakan...

nike free
chicago bulls
los angeles clippers
hollister shirts
uggs outlet
beats by dr dre
michael kors outlet
seattle seahawks
nike air max
cheap jordans
gucci
arizona cardinals
nobis outlet
louis vuitton
fitflop outlet
ralph lauren,ralph lauren uk,ralph lauren outlet,ralph lauren outlet online,polo ralph lauren outlet,ralph lauren polo
san antonio spurs
ghd hair straighteners
cheap oakley sunglasses
uggs outlet
louboutin uk
calvin klein,calvin klein outlet online,calvin klein wholesale,calvin klein shoes,calvin klein underwear,calvin klein coats,calvin klein handbags
louis vuitton uk
pandora charms
nike sneakers
miami heat
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
true religion jeans
michael kors usa
swarovski outlet
cheap mlb jerseys
baltimore ravens
ddddd1105

dongdong mengatakan...

20161.14wengdongdong
toms shoes
ture religion outlet
polo ralph lauren
ray ban sunglasses
cheap oakley sunglasses
discount oakley sunglasses
ray ban sunglasses outlet
michael kors outlet clearance
burberry outlet online
coach outlet online
christian louboutin shoes
polo ralph lauren outlet
ugg outlet online
canada goose sale
chi flat iron
kate spade outlet
ralph lauren
louboutin uk
snapbacks wholesale
cheap uggs on sale
hermes uk
sac longchamp pas cher
louis vuitton uk
michael kors handbags
air jordan 8
nike trainers
jordan 3 white cenment
louboutin
ugg boots
canada goose uk
louis vuitton bags
true religion outlet
michael kors outlet
coach factory outlet
moncler jackets
nike sb shoes
ralph lauren outlet
coach factory outlet
fitflop uk

chenlina mengatakan...

chenlina20160302
uggs outlet
ray ban outlet
lebron 11
michael kors handbags
coach factory
kids lebron shoes
louis vuitton handbags
louis vuitton outlet
cheap nfl jerseys
kobe 9
kobe 10
louis vuitton
michael kors outlet online
burberry scarf
nike huarache shoes
ray ban sunglasses
canada goose coats
louis vuitton handbags
ray ban
gucci shoes
ugg boots sale
chanel outlet
jordan retro
coach factory outlet
michael kors outlet online
mulberry handbags
ray ban sunglasses outlet
kobe 11
beats solo
instyler max
coach factory outlet
ugg boots
louis vuitton purses
christian louboutin outlet
michael kors outlet
christian louboutin outlet
michael kors outlet
hollister outlet
fitflops
lebron shoes
as

Xiaozhengm 520 mengatakan...

2016-3-18 xiaozhengm
ray ban
rolex submariner
rolex watches
kate spade outlet
omega watches
michael kors uk
ray ban sunglasses
toms outlet
coach factory outlet
coach outlet online
calvin klein underwear
ed hardy outlet
kate spade outlet online
nike tn
michael kors outlet
ray bans
michael kors outlet online
michael kors outlet
prada outlet
ghd hair straighteners
ray ban outlet
ralph lauren outlet
true religion outlet
ugg boots
true religion jeans
cartier watches
michael kors handbags
nike air max shoes
coach outlet
vans sk8 hi
ralph lauren uk
christian louboutin uk
ralph lauren outlet
oakley sunglasses
toms
vans shoes
michael kors outlet
michael kors outlet
polo outlet
michael kors handbags

艾丰 mengatakan...

jianbin0812
longchamp handbags
michael kors uk outlet
ugg uk outlet
tiffany jewelry
michael kors handbags
ralph lauren outlet
hollister shirts
mulberry handbags
true religion jeans
cheap mlb jerseys
air jordan shoes for sale
longchamp pas cher
mulberry outlet,mulberry handbags outlet
canada goose uk
adidas nmd
coach factory outlet
foamposite shoes
coach outlet
michael kors outlet
louis vuitton bags
iphone case
hermes belt
gucci outlet online
ralph lauren uk
mulberry bags
swarovski crystal
christian louboutin uk
coach outlet clearance
dior outlet
louis vuitton outlet online
cheap jordans
michael kors outlet
jordan 4

Fangyaya mengatakan...

cheap uggs
jordan retro 8
rolex watches for sale
boston celtics jerseys
ray ban sunglasses
abercrombie outlet
coach outlet
ugg boots paris
louis vuitton purses
coach outlet online
gucci handbags
toms shoes uk
retro jordans 13
michael kors outlet
ghd flat iron
cartier watches outlet
air jordan shoes
coach outlet
coach outlet store online
gucci handbags
michael kors uk
ray ban sunglasses outlet
ed hardy outlet
air jordan femme
canada goose coats
louis vuitton outlet
christian louboutin outlet
gucci outlet
coach outlet online
coach outlet
clarisonic
cheap true religion jeans
discount jordans
michael kors outlet
polo outlet
ralph lauren sale
michael kors outlet clearance
moncler doudoune
canada goose uk
lebron james shoes 13
20168.13chenjinyan

caiyan mengatakan...

ugg outlet
nike store
ugg sale
cheap ray bans
ugg australia boots
puma shoes
burberry outlet canada
wholesale nike shoes
louis vuitton bags
michael kors outlet clearance
20161018caiyan

千禧 Xu mengatakan...

ravens jerseys
cheap ray bans
louis vuitton pas cher
jimmy choo shoes
cleveland browns jerseys
michael kors handbags wholesale
new england patriots jerseys
los angeles lakers jerseys
converse trainers
colts jerseys

Unknown mengatakan...

rolex replica watches
chaussure louboutin
vikings jerseys
michael kors handbags
michael kors outlet
golden state warriors jerseys
michael kors handbags
cleveland cavaliers jersey
michael kors handbags wholesale
dolphins jerseys

chenmeinv0 mengatakan...

adidas zx flux uk
adidas trainers
oakley sunglasses
fila shoes
michael kors handbags
ed hardy clothing
longchamp bags
ralph lauren outlet
nike huarache uk
ralph lauren outlet
2017.3.17xukaimin

ben daigege mengatakan...

nike factory outlet
canada goose cyber monday
michael kors outlet
lacoste soldes
ugg outlet
polo ralph lauren
coach outlet
cheap jordans
moncler outlet
michael kors handbags
chanyuan2017.11.24